PASCA LEBARAN, KESEMPATAN UNTUK IMPROVEMENT

Dear Action Member
Kalau waktu ramadhan kemarin saya mengajak anda untuk sharing mengenai “Siaran Langsung Panen Raya” sekarang saya ingin mengajak anda sharing mengenai bisnis pasca panen raya.
Apakah ada yang sedang shock karena syndrome pasca lebaran..?

Kalau ada itu wajar...lihatlah di sekitar kita, banyak toko2 yang belum buka, yang sudah buka terlihat karyawannya banyak yang bercanda dan beberapa banyak yang melamun, paling tidak itu yang saya lihat di area garment Mangga 2 Square sabtu kemarin.
Bukan hanya itu beberapa pedagang2 bakso di perumahan kami juga belum terlihat gerobaknya..dan satu dua yang jualan mengeluh dengan dagangan setengah dari normal saja tidak habis..kata mereka.
Apa yang anda rasakan saat ini..? Kalau anda ”not feel better” itu biasa karena sayapun minggu yang lalu cukup stress....dan mau buka2 email TDA apalagi posting rasanya muales..sekali...
Alhamdulillah minggu ini perasaan itu sudah mulai pudar....
Semangat sudah mulai muncul kembali..dan ternyata rasa seperti itu memang harus kita cari, kita gali lagi dan jangan biarkan kondisi luar yang mendikte kita..kita lah yang memegang kendali.

Itulah sebabnya saya semangat sekali ingin datang di acara tda food di rumah sendok tgl 4 november kemarin ini.
Ketemu Pasutri Anrai&Felli yang memberikan cokelat untuk anak2 kami yang sayangnya nggak datang...membuat ku sangat terharu...alangkah baiknya saudara2ku... berjabat tangan erat dengan TDAers lainnya membuat semangatku genap 100% seperti sebelum lebaran...Alhamdulillah..saya berterima kasih kepada NYA yang telah mempertemukan saya dengan saudara di TDA ini
Pasca lebaran kami jadikan waktu2 yang senggang ini untuk ”pesta perbaikan/ improvement”
Dan ternyata improvement yang paling penting menurut kami adalah mengembalikan kepercayaan diri....

Oya salah satu improvement yang mengasyikkan adalah saya sedang membuat SOP mengenai pelayanan kepada pelanggan.
Kita sering memerintahkan kepada karyawan agar ”ramah” kepada pelanggan...
Tapi apakah kita sadar kadang kita hanya memberi contoh sepotong2...atau malah memberi contohnyapun setelah ada kejadian yang kita lihat kurang sreg..

Misalnya suatu hari saya pernah menemui karyawan kami bercanda dengan pelanggan setia yang sudah sangat akrab, dan salah satu kata2 yang denger sumbang adalah ”Wah..nenek ini.pasti deh..bongkar2nya banyak, paling2 yang diambil satu dua”
Sanga pelanggan tertawa tapi saya yang mendengar yang malah merasa sakit hati...
Tapi kami sadar, karena kami sendiri belum pernah secara terprogram dan konsisten mengajari karyawan melayani pelanggan.

Ramah itu seperti apa..? apakah kita ada trainningnya..? ternyata jawaban antara karyawan satu dengan yang lain berbeda...

Temen2 yang pernah ke Jepang pasti sering kagum, kalau kita masuk ke restoran, pada saat kita memasuki pintu utama, maka secara otomatis karyawan yang menjaga pintu akan mengucapkan ”selamat datang” ke kita, dan kemudian akan diikuti ucapan selamt datang juga oleh semua karyawan, baik itu pelayan yang sedang sibuk menyapu,sedang beres2 meja, kasir bahkan semua karyawan yang sedang memasak di dapur..!
Itu semua ada ilmunya....dan saya sedang menggali sendiri berdasarkan versi kami dan juga mencari sumber2 yang lain ...

Termasuk juga hal2 yang kelihatan sepele2 lainnya,
Misalnya :
1. Apa yang harus dikatakan apabila ada pelanggan baru datang..?
2. Sapaan seperti apa bila pelanggan lama datang..?
3. Bagaimana karyawan harus bersikap kalau ada customer yang komplain..?
4. Apa jawaban kita kalau ada customer mengeluh ”di toko A barang ini 10ribu kenapa disini 15 ribu?”
5. dll

dan kita juga mencoba menyusun apa2 tindakan atau ucapan yang TIDAK BOLEH dilakukan kepada pelanggan...
Insya Allah saya akan membukukan hal ini dan kami akan jadikan ini semacam SOP yang wajib di ajarkan kepada semua karyawan dan juga bahan trainning wajib bagi karyawan baru...

Apa temen2 tda ada yang punya literatur untuk hal2 ini..kalau ada bagi2 ya...

Salam FUUNtastic
Hadi Kuntoro

Tidak ada komentar: