PERTANYAAN YANG BERBEDA EFEKNYA BERBEDA

Judul diatas terlihat sepele tapi luar biasa kalau kita terapkan pada diri kita. Saya yang beberapa waktu lalu agak loyo sekarang hanya dengan melihat dari sudut pandang yang berbeda dengan cara memberikan pertanyaan yang berbeda pada diri kita ternyata hasilnya 180 derajat.
Bener2 MANTAPFULL..!
Siang ini saya perintahkan istri saya untuk membuka lagi satu tabungan ONH, buat siapa lagi..?
Ini buat Ibu saya..! Benarkah..?
Ya..saya ingin sekali lagi beliau pergi ke sana bersama saya, dan targetnya tahun 2008 Insya Allah. Uang darimana ..? menghajikan 3 orang (saya-istri-ibu) masak secepat itu..?
Uangnya dari hasil bisnis..!
Apa bener setahun bisa terwujud..? Dengan Usaha yang masih pemula seperti sekarang ini..?
Inilah tantangan saya, kalau dihitung pake akal sehat ya nggak ketemu, tapi dengan membuat target real seperti ini saya malah bener2 bersemangat dan happy untuk mewujudkannya...
Aneh ya...tapi ini nyata.
Dibawah ini saya sisipkan postingan dari salah satu konsultan bisnis kami yakni dari Action International (hehehe..meskipun bisnisnya kecil2an kami sudah punya konsultan lho...tapi kebanyakan kami ambil sessi2 yang murah atau gratis....)

Selamat membaca, semoga anda ter inspirasi..

Dear pak Hadi Kuntoro,
Pada saat kita sedang down sering kali kita bertanya sbb :
apa yang salah dengan saya? Kenapa saya belum berhasil?
Kenapa saya belum direstui oleh bunda tercinta?
kenapa....kenapa dan kenapa....

Hati2lah dengan pertanyaan2 seperti yang diatas karena dapat
membuat kita tenggelam kelubang yang dalam sehingga kita
tidak dapat menolong diri sendiri untuk keluar dari lubang
tersebut (Ini yang disebut kita masuk ke Pit Fall).

Sering kali hal ini terjadi kalau kita berada di
persimpangan jalan yang membuat kita bimbang dan ragu serta
frustasi (ingat Slide Pertubation? )

Untuk menjadi above the Line lagi dan semangat kembali
berkobar apa yang dapat kita
lakukan?.... ...hm.... interesting. ..

Cobalah rubah pertanyaan diatas menjadi sbb :

1. Apa yang saya dapat berbuat?
2. Apa yang saya dapat perbaiki?
3. Siapa yang dapat jadikan role model keberhasilan saya?
4. Bagaimana saya dapat melakukannya secara berbeda dan
berhasil?
5. Saya telah belajar dari kesalahan saya dan sekarang
bagaimana caranya untuk memperbaikinya?
6. Strategi apa yang dapat saya terapkan sehingga dalam
waktu 1 tahun goal saya berangkat haji dengan ibunda
terwujud? dsb...dsb

Dapatkah anda rasakan BEDA nya pertanyaan2 diatas dengan
pertanyaan2 yang dapat menjerumuskan anda ke Pit Fall?
Adakah semangat yang terbentuk di dada Anda?

So......Change Your Question and You will change Your Life.
Remember Quality of Life start from Quality of Mentor =>
Quality of Knowledge => QUALITY OF QUESTIONS

BE Happy and have a Fuuntastic day

Prijono Nugroho
Your Action Int'l Coach

1 komentar:

Anonim mengatakan...

gw setuju bgt tentang artikel di atas. ada kasus terkadang kita takut melakukan sesuatu dan mengungkapkan kekhwatiran kita dengan bertanya
"nanti gimana ya ?"

akan berubah rasanya jika kita mengungkapkannya dengan
gimana nanti aja deh! he2x :)



Andy Krisianto
http://viruskaya.com