PERTANYAAN : BAGAIMANA CARA SAYA MULAI BERJUALAN DISTRO JILBAB

Ada Lagi pertanyaan lewat email ke saya, yang cukup menarik, dan saya memuat di blog saya agar anda yang sekarang masih ragu2 untuk berbisnis atau takut2, segara buanglah jauh2 ketakutan itu, Ingat..kita hidup hanya sekali lho…Jangan sampai nanti kita mati dengan masih menyimpan angan-angan atas rencana2 yang belum terwujud…

Selamat Membaca, semoga anda terinspirasi…

Dengan hormat,
Assalmualikum wr wb
Maaf atas kelancangannya tapi ini mungkin peluang buat Pak Hadi dan bagi saya. Lokasi di dekat Unismuh (100mtr) dan UIN 700mtr-an ada juga Madrasah (300mtr). Apakah ini cocok buat buka usaha distro khusus muslim.

Terus terang saya tdk tahu apa2 dlam masalah ini, krn usaha saya adalah cetak foto digital yg lokasinya di depan Unismuh, kebetulan di dekat situ ada kios
nganggur, maka saya tertarik untuk memenfaatkannya. Knp distro muslim? krn disekitar situ banyak sekolah islam, di daerah situ juga blm ada toko sejenis dan yg
terakhir krn ikut milis TDA dan bisnis-smart apalagi setelah lihat2 foto2 toko pak Hadi di blog, Mengenai toko mungil yg mau di gusur ikut prihatin dan di
syukuri aja pak itu kan juga peluang ..kalo jalan lebar kan tambah rame otomatis prospect bertambah.

Sekarang saatnya minta saran.
Trus apa benefit bila bapak Hadi jadi Supplier Saya?
Apakah harga barangnya murah? :)
apakah saya bisa pesan dengan jumlah sedikit dulu?
Apakah saya bisa belajar tentang dekorasi? apakah saya bisa belajar promosi?

apakah saya di beri material promosi?

apakah saya di beri kiat2/training? pokonya semua ilmu bapak hehe...
Ngomong2 omset perhari berpa yg bapak dapat dari semua tokonya?
Karena ini konsepnya distro..bukan toko biasa (trus trg apa sih bedanya antara distro dan yg bukan?) maka tentu ada hal2 yg membuatnya menarik dan berbeda.

-ERWIN-

Jawaban :

Waalaikum salam...
Hehe..pertanyaannya banyak sekali ya..? LOkasi anda sudah cocok banget dengan bisnis itu, istri saya saja punya temen yang buat toko di depan sebuah sekolah Islam, cuma kebetulan SD islamnya itu cukup favorit (SDIT) meski tempatnya cukup tersembunyi, bukan dijalan ramai tapi di ujung jalan buntu, omset dia sebulan rata2 50 juta..!
Hebat kan..?

Karena kalau kita pandai memantain relation dengan pelangggan maka satu ibu yang datang akan datang lagi, nanti kalau dia punya 10 warna baju maka dia kan beli 10 warna kerudung juga, nanti anak2nya juga, nanti adik si ibu melihat kakaknya pakai kerudung cantik terus nitip dibeliin, belum kalau nanti ada acara ngasih2 kado ke guru dll...wah bakalan seperti gelombang...kalau kita mau....

Trus apa benefit bila bapak Hadi jadi Supplier Saya?

Benefitnya Insya Allah kita akan sama-sama banyak belajar, karena saya juga masih pemula dan Insya Allah tidak akan merahasiakan sesuatu hal kalau itu terbukti membuat saya sukses, dan saya juga tidak akan malu atau menutup-nutupi kalau saya sedang gagal, jadi minimal bisa saling menuntun..

Oya, kalau disitu, ditempat anda ada supplier yang produknya sama, akan lebih menguntungkan barangkali kalau anda belanja ditempat yang dekat dengan anda.

Apakah harga barangnya murah? :)
Untuk ukuran kerudung, tempat saya termasuk mahal...harga berkisar dari 20ribu sampai 75 ribu, padahal diluar kerudung yang 10ribu dapat tiga dengan bentuk yang mirip banyak, tapi saya memang tidak memilih pasar itu..

apakah saya bisa pesan dengan jumlah sedikit dulu?

Boleh, nanti kami bisa kirimkan sample2 produk baju, kerudung, dll dengan harga karena spesial .

Apakah saya bisa belajar tentang dekorasi?

Saya sendiri tidak bisa dekorasi, biasanya saya hanya main ke mall, cari yang bagus kemudian contek atau jadikan inspirasi..simple kan..? Atau pas ada pelangggan macam member tda banyak juga yang bisa dekorasi, nanti pada komentar, saya catet nanti saya ngikut2 saja gitu...

apakah saya bisa belajar promosi?

Saya juga masih belajar...tapi nanti kita bisa diskusi kalau mau ada kegiatan promosi,misalnya pas pameran gimana, kalau ada produk baru gimana dll...tergantung kasus per kasus saja ya..

Apakah saya di beri material promosi? apakah saya di beri kiat2/training?.

Insya Allah...apa2 yang saya punya anda boleh dan halal untuk mencontek, fotocopy atau klonning sekalipun hehe....

Ngomong2 omset perhari berpa yg bapak dapat dari semua tokonya?

Mmmm berapa ya....yang jelas untuk ukuran saya yang biasanya hanya makan dari gaji, hasil dari toko sekarang menurut saya cukup menyenangkan, apalagi dengan waktu yang longgar ,pikiran tidak terlalu pusing dan tenaga yang tidak terlalu terkuras spt di kantor, bahkan kerjanya happy & enjoy, banyak ketawa-ketiwi dan banyak nambah saudara...(Itu menurut penuturan Istri dan adik saya, karena posisi saya sekarang juga masih buruh kok..)

Trus trg apa sih bedanya antara distro dan yg bukan? tentu ada hal2 yg membuatnya menarik dan berbeda.

Distro biasanya stok barang yang dijual terbatas, nanti barang yang sama nggak keluar lagi, ganti model lagi, toko biasa biasanya sebaliknya. Kalau tempat saya sebenenrnya campuran. Ada produk yang eksklusif dan juga ada yang mass production, tapi saya hanya ambil pangsa pasar menengah keatas saja...saya kasih nama distro sebenernya karena awal2nya saya awam tentang bisnis garment, dan nama Distro itu kok terdengar enak di telinga saya..akhirnya dipakaialah nam "Almasyhur Distro" di kampung dan "Radissa Distro" di Bekasi...jadi nama mah bebas.

Oya dulu malah saya terpikir namanya ”Almasyhur Maestro” enak juga ditelinga saya...meski artinya sama sekali nggak ada karena kata2nya nggak nyambung, tapi kadang hal2 yg spt itu yang membuat orang malah penasaran....

Oke Pak Erwin, Selamat Berjuang membuka toko anda, Salam Dahsyat & FUNtastic....

Hadi Kuntoro

Tidak ada komentar: