(3-HARI LAGI) PERJALANAN ADIK SAYA MENUJU "FULL TDA"


Pembaca dan rekan2 Bisnis,
Ini adalah postingan saya yang kedua yang saya persembahkan buat adik saya (Hadi Sancoyo/Yoyok) yang merupakan team member terbaik kami yang sedari awal usaha setahun yang lalu mengabdikan dirinya untuk membangun bisnis di sela kesibukannya bekerja di Bank, meski untuk itu dia sering tidur hingga jam 3 dinihari.
Alhamdulillah...mulai tgl 1 April 2007 ini Yoyok segera akan Full TDA membangun bisnis kami sendiri, yang dimulai dari 0 (nol) sejak April 2006.

Semoga anda ikut terinspirasi dengan cerita perjalanan awal usaha kami dibawah ini:

Kehebatan adik saya melakukan negosiasi pernah saya buktikan langsung di lapangan, ketika minggu-minggu pertama kami membuka grosir kerudung di Wonosobo.
Hari itu adalah hari pertama kami hunting agar mendapatkan agen-agen di daerah , karena toko kita kan utamanya grosir.

Saya Istri, Yoyok dan Istri Juga, sama anak-anak saya pergi ramai-ramai persis seperti rombongan mau acara gerak jalan, karena kita berempat pergi dengan pakaian yang sama semua, yakni kaos TDA..!
Target agen yang akan kita datangi adalah sebuah toko yang terlihat eksklusif di Kecamatan Leksono, namanya. Disitu terlihat ada semacam butik pakaian muslim yang sangat menyolok baik desain toko maupun penataan barang2nya, dan membuat orang yang lewat akan penasaran untuk mampir melihatnya.
Nha..itulah MANGSA pertama kita..atau tepatnya MITRA yang akan kita ajak MAKMUR bareng-bareng…

Karena ingin melihat kehebatan Yoyok untuk menjaring pelanggan, saya beri kesempatan dia dan Istri yang beraksi…
Sambil mengawasi dan menjaga anak yang lincah kian kemari saya perhatikan saja setiap gerak dan kata-kata yang dikeluarkan oleh Yoyok.
Pertama di amati seluruh barang2 yang ada di toko, sementara istrinya melihat-lihat kerudung dan baju2 muslim yang dipajang cantik disitu.

Setelah istrinya tanya2, pilih2 dsb akhirnya didekati oleh sanga pemilik toko, seorang ibu usia sekitar 30-35an yang cantik seperti Ibu-Ibu yang memiliki salon..(Yang punya salon boleh GR ya…)

“Barang yang ada di toko ini kok bagus-bagus ya..pasti kalau belanja mbaknya yang milih sendiri ya..?” adik saya mulai membuka pembicaraan dan yang punya toko mulai tersanjung, dan dari sinilah dimulai pidato-pidato dari sang pemilik toko….dan inilah yang kita inginkan..

Sang pemilik toko baru saja resign dari sebuah bank terkenal di Jakarta, karena sang suami ada bisnis besar di kota kami. Barang-barnag yang ada ditoko itu belanjanya dari Semarang, dan belanjanya kesana dia lakukan sendiri sehingga moelnya bagus2..bla..bla…bla..dan dia sudah punya pelanggan tetap karena di sekitar toko ada banyak pegawai, sekolah,pesantren bla..bla…tdak lupa juga diceritakan seputar karir2nya di Jakarta dulu..kira2 habis 1.5 jam adik saya dengan sabar mendengarkan semua ceritanya…

Hingga Ibu Muda (sebut saja namanya Mbak Ani) ini akhirnya kehabisan cerita dan mulai tanya2, mungkin beliau baru sadar, saya ini ngobrol dengan siapa ya…? Hehe..ibu-ibu emang sukanya begitu…asal ketemu dengan yang cocok akan cerita semua, baru entar nanya..eh elu siapa sih…(Ada yang kesindir nggak..?)

“TDA itu apa ya…” dia penasaran dan baru sadar kami berempat datang dengan seragam sama.
Diterangkan semua apa itu tda dan visi2nya…nampaknya ibu ini malah bingung…dan bertanya “Terus anda kesini mau ngapain..?”
“Hehe..mau nawarin kerudung mbak….” Kata adikku dengan sikap datar…
“Mbak Ani kalau belanja2 kerudung2 dan baju2 muslim seperti ini belanjanya berapa..?” tanya Adikku sambil menunjuk kerudung instan yang paling bagus…
Karena tahu kita akan menawarkan kerudung, dan tadi Mbak Ani-pun sudah BANYAK MENDENGAR cerita2 dia seputar karir,perjuangan,bisnis dll akhirnya tanpa sungkan dia membeberkan harga2 beli komoditi2 dia dengan terbuka…(Gotcha…!…)

Karena saya dan istri pernah hunting kerudung2 kemana-mana maka produk yang dimiliki oleh Ibu muda ini hampir tahu kira2 berapa kisaran harga beli di Tanah Abang, ITC, Tasik dll…dan kepadanya kami katakan kalau Mbak Ani mau bisnis kerudung spt yang sekarang dipajang dengan serius dan partai besar, kami bisa bantu menunjukkan sentra2 grosirnya dan kira2 dengan harga beli tidak sampai 50% daripada harga grosir di semarang tempat beliau sekarang berbelanja.
Mbak Ani tambah bingung dan betanya ”Terus…produk yang anda jual kerudung seperti apa..?”
Setelah pertanyaan ini terlontar, baru adik saya menerangkan sedikit demi sedikit.
“Sering nonton film Kiamat Sudah Sudah Dekat Nggak..?”
“Sering nonton Sinetron A, B,C…dll kan..? Nha disitu kan ada Astri Ivo, Zaskia, Ineke Putri dll yang selalu tampil mengenakan kerudung”
“Terus Di majalah2 juga ada …kerudung yang seperti ini lho mbak” kata Obi, Istri Yoyok sambil mengeluarkan berbagai malah mulai dari Majalah Ummi,Alia,Paras, Sabili…dan juga memperlihatkan alamat showrom kami yang termuat di berbagai majalah itu.

Mbak Ani terlihat makin tertarik….makin tertarik….sampai akhirnya bertanya “Sekarang sample2nya mana..?”
Dijawab adik saya “ Nggak ada mbak….”
“Loh…Terus..?” dia terlihat bingung…

“Anda harus DATANG ke show room kami untuk melihatnya, dan anda menurut kami sangat cocok untuk dijadikan partner kami, setelah bergabung dan menjadi agen kami dengan minimal sebulan menjual 5 juta, maka kami akan berikan fasiliatas alamat toko ini bisa masuk ke iklan radio ketika iklan showroom kami ditayangkan, juga akan tampil di buletin2 kami, ada money back guarantee, rutin kami beri brosur, dan anda akan jadi agen tunggal di daerah ini dst..dst..dan SETUJU atau TIDAK SETUJU untuk bergabung dengan kami silahkan anda pikirkan, kami tunggu nanti sore di showroom kami, kalau tidak datang saya anggap tidak setuju dan nanti penawaran ini akan kami berikan kepada toko Mbak yang di sebelah dan anda tidak ada kesempatan lagi untuk bergabung dengan kami karena di setiap kecamatan kami setting hanya ada 1 Agen….oke..silahkan pikir2 ya…saya akan lihat anda entar sore datang apa nggak..” kata adik saya mantap…dan kamipun pulang.

Alhamdulillah…dengan cara2 ini, semua atau 100% orang2 potensial yang akan jadi agen di kota kami dan kami datangi pada hari pertama hunting itu semua berdatangan..!
Dan bisa ditebak…akhirnya mereka semua bisa kami konversikan menjadi pelanggan tetap yang full support kami….

Saya baru ngeh dan berpikir adik saya ini memang calon marketer yang hebat..! Waktu itu saya belum selesai membaca buku Finansial Revolution milik TDW, eh dia sudah selesai duluan dan bahkan langsung bisa mempraktekkannya di depan hidung saya dengan dahsyat seperti dahsyatnya cerita-cerita dari TDW…..

Alhamdulillah kami punya Anggota team yang Hebat…
Yoyok dan Obi, Istrinya yang juga adik istriku…(Pembaca jangan bingung ya…)

Semoga anda terinspirasi dengan artikel ini….(Bersambung)

Salam FUNtastic..!!

Hadi Kuntoro
www.hadikuntoro.blogspot.com
www.selimutku.blogspot.com
25-1000-20

Tidak ada komentar: