MULAILAH DARI YANG PALING KECIL SEKARANG...


Dahulu saya sering bersungut-sungut atas hal yang menurut saya sudah “Takdir” menempel di setiap kaum hawa, sehingga kata “Ya” yang saya ucapkan karena saya memang tidak berdaya sering saya ucapkan, karena demikian kuatnya apa yang menurut saya sebagai sebuah “bawaan lahir” seorang hawa. Kata-kata “Ya” tapi dihati tidak “Tidak” ini muncul ketika sanga istri berkata:

“Pak Beli piring yang bagus itu ya.?” (padahal saya nggak pernah memperhatiin piring kalo sedang lahap makan)

“Tadi saya beli panci presto, merk maxim, ntar kalo minggu aku masak2in ayam presto sama ikan mas presto ya..” (panci presto seharga 500ribu itu terpakai 2-3 kali sudah pensiun lagi)

“Yang aku sudah beli pembakaran sate yang bisa ditaruh diatas kompor, kita bisa masak sate tanpa perlu arang ini emang didesain buat elpiji dan (dan pembakaran sate itu hanya membakar udang, 2 kali ketika liburan dan selebihnya menjadi hiasan di lemari kaca di dapur)

“Pak, aku lagi dirumah bu Susi, ada gelas kristal murah Cuma 20ribuan aku beli sepuluh ya (padalah menurut saya nggak ada bedanya gelas yang selusin 10ribu sama gelas kristal yang 1nya 20ribu itu) dan perbedaan itu baru saya tahu ketika istri saya action show setelah saya pulang kerja, dia memutar-mutar jarinya di bibir gelas dan terdengar bunyi bergengung, dan istri saya dengan girang berkata “Ini lho tanda bahwa ini asli kristal” saya tersenyum …Oo begitu…bagus dong (didalam hati aku berkata daripada 200ribu buat beli gelas kristal, mending beli gelas biasa 25ribu lainnya buat beli tape compo kecil buatan china…kan malah bisa lebih merdu daripada dengungan itu…hehe..)

Tapi saya maklum, itu adalah bawaan lahir dari kaum hawa barangkali…..
Tapi saat2 ini terjadi banyak keajaiban…Bawaan-bawaan lahir “kaum hawa” itu sudah menghilang dari Istri saya…bahkan tanpa saya perintahkan membuang atau mereduksinya.

Apa Obatnya..? Ternyata adalah libatkan atau berdayakan mereka untuk ikut BERBISNIS…meski kecil-kacilan.
Cekokin istri anda dengan ilmu2 dan bacaan2 yang akan menggerakkan diri mereka.
Berikan buku2, Print-kan blog-blog…lihat saja, nanti karena saking asyiknya mempelajari blog2 dari temen2 yang sukses, buku2 motivasi, buku2 bisnis, menelepon temen2 untuk menawarkan dagangan, menulis pembukuan, menghitung rugi atau laba..dll..keasyikan2 itu telah membuatnya lupa bahwa saat2 di mall-mall telah beredar panci, presto,penggorengan dll yang lebih jreng dan lebih mewah.

Itu adalah salah satu nilai tambah dan urgensi kalu kita harus mulai bisnis dari sekarang.
Kalau ibu2 sambil menjaga anak2 dirumah bisa ikutan bisnis dan akhirnya bisa support menambah pendapatan apa itu tidak menyenangkan..?
Nanti uang dari sang suami pelan2 bisa dialihkan untuk menambah modal bisnis, sehingga project2 yang tertulis di buku Self Made Millionare –nya mas Adam Khoo bisa segera direalisasikan, yakni proyek MENINGKATKAN PENDAPATAN dan MENGURANGI PENGELUARAN.
Tapi yang agak aneh bagi bagi kaum hawa adalah, mengeluarkan uang untuk belanja2 seperti contoh diatas biasa2 saja, tapi kalau disuruh berbisnis mereka banyak yang ketakutan..takut nggak bisa, takut rugi, takut dimarahin suami..dan banyak yang phobia bisnis….
Salah satu yang membuat saya bangga dengan komoditi “Selimut Jepang” yang saya jual ini adalah saya bisa mendengar cerita-cerita yang sangat inspiring dan kadang mengharukan mengnai perjalan beberapa Ibu rumah tangga yang akhirnya berani berbisnis sekarang.Sering karena begitu bahagianya mereka bisa menjualnya, mereka langsung telepon saya, dan saya biasanya selalau tanya, anda bisa menjual berapa..? atau berapa lama anda menghabiskan selimut yang diambil dari saya..?

Kuncinya adalah Senang, tenang, berpikir jernih anggap semuanya adalah kuliah, dan saat ini kita menjadi mahasiswa yang baik. Ini bisa jadi study kasus bisnis yang sangat menarik, saya bisa banyak menarik orang2 yang tadinya awam bahkan sangat takut berbisnis menjadi BERANI BERBISNIS atau BERANI BERJUALAN.Semakin hari semakin banyak temen baik temen TDA maupun pembaca2 blog yang datang kerumah untuk melihat langsung gudang selimut jepang kami, dan dari semua yang datang 95% umumnya belanja melebihi dari budget awal yang di rencanakan.Dari rumah mau belanja 500 ribu eh akhirnya malah belanja 2 juta, maunya belanja 1 juta, waktu pulang hampir 4 juta dihabiskannya…dan anehnya belanja kali ini tidak membuat para ayah-ayah bersungut-sungut karena sang istri kebanyakan nguras kantong, tapi malah senyum lebar dan mengembang terlihat di wajah para ayah…

Bagi para pemula yang kelihatan ragu2 khawatir dsb selalu saya dekati dan saya katakan “Tenang saja, berpikirlah relaks dan santai, jual ini dengan tanpa beban, nanti anda akan dapatkan banyak ilmu karena sudah berinteraksi dengan pelanggan2 anda. Jangan malu2 dan khawatir kalau sampai nggak laku barang kembalikan saja. Keuntungan yang sudah anda dapatkan itu rejeki anda, karena saya gampang sekali menjual”Itu nampaknya menjadi obat yang sangat mujarab bagi mereka.

Mereka terlihat puas dan senang, dan tidak menanggung beban, dan ini adalah penyakit beratnya para TDB yang sudah mendarah daging atau Ibu rumah tangga murni yang phobia bisnis. Saya ingin sedikit membantu mereka agar bisa mengubah apa yang selama ini menjadi kelemahan menjadi kekuatan yang berlipat2..

Untuk diketahui gara2 istri saya bisnis kecil2an, saya jadi banyak terinspirasi , saya yang dulunya menganggap bisnis ini hanya sampingan ternyata malah sudah berniat mau serius, bahkan “sampingan” ini TELAH menggerakkan adik saya Yoyok (WWW.YOXJOURNEY.BLOSPOT.COM) melompat dari zona nyamannya..yakni keluar dari pekerjaannya sebagai Bankir di kampung, meski gaji sebulan di bank itu cukup buat makan setahun…
Ssst...Saya beritahu satu rahasia kepada anda...di bisnis ini ada “something magic” makanya cepetlah memulai

Semoga ini Menginspirasi anda untuk memulai walau dari hal yang kecil…

Hadi Kuntoro
www.selimutku.blospot.com
25-1000-20

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Kedengarannya bagus, saya suka membaca blog Anda, hanya ditambahkan ke favorit saya;)

Anonim mengatakan...

Terima kasih untuk ini post.Admiring indah waktu dan usaha yang Anda lakukan ke dalam blog Anda dan informasi rinci yang Anda tawarkan.