ILMU YANG TIDAK ADA DI KAMPUS

Pernah naik mobil Avaza dan Xenia..?
Saya pernah menyetir jarak jauh kedua mobil itu, ternyata kaalu kita perhatikan rasanya sama saja, dan setahu saya yang jelas untuk ukuran plat2 besi buat bikin bodi-nya semua sama….tapi ketika ngomong harga, mana yang lebih mahal..? Betul..Avanza lebih mahal dan hebatnya lagi penjualan avanza 2x lipat lebih banyak daripada Daihatsu…coba deh tanyain ke dealer…

Saya punya langganan nasi goreng keliling dirumah yang rasanya jauh lebih enak dari nasi goreng terkenal yang sekarang ada di Mall-mall yang tenar..dan harga nasi goreng langganan saya tidak ternyata kurang dari ½ harga nasi goreng di mall itu…

Saya rapat di sebuah hotel yang elit, ini hotel yang menjadi rujukan expatriat2 Jepang, minuman kami air aqua, dan iseng2 saya lihat bon2 yang dibayar oleh kantor saya untuk sebotol minuman merk Aqua, yang wadahnya pakai botol kaca..sisinya paling sekitar 300-400 ml..harganya ternyata 15ribuan padahal waktu itu Aqua yang setengah liter paling Seribu…

Avanza dan Xenia hanyalah beda di logo saja….
Nasi Goreng keliling dengan nasi Goreng Mall hanya tempat saja yang beda…
Aqua hanya tempat dan kemasan…

Artinya ditangan orang yang tepat, situasi yang tepat, dan moment yang tepat barang yang sama, bisa bernilai lebih tinggi bahkan bisa berlipat-lipat.

Itu pula hal yang sering saya ajarkan kepada temen2 yang datang kerumah, dan tidak terasa ajang diskusi ini sungguh menyenangkan, saya mungkin sudah menerangkan hal ini kepada ratusan orang yang berbelanja ketempat kami yang pas ketemu saya..dan alhamdulillah sebagian besar mereka melakukan repeat dengan quantity yang semakin besar…

Ini ada 2 macam selimut, dari saya kedua macam selimut ini harganya sama, tapi coba rabalah dan rasakan, kalau kita meraba dengan penuh perasaan, terasa bahwa salah satu selimut lebih lembut…kalau anda pintar, seharusnya selimut yang lebih lembut ini bisa anda jual dengan harga lebi tinggi meskipun harga dari saya Sami Mawon atau sama saja…

Dengan cara yang sama bisa diterapkan pada selimut yang lain, misalnya warna bahan ini lebih mengkilap, harga bisa dinaikkan meski modalnya dari saya sama…

Bahkan saya sering ajarkan ada selimut A, misalnya harga 100ribu, dan selimut B, harganya 150ribu, tapi kita bisa memblow-up kelebihan dari selimut A ini, dan secara harga dipajang selimut A lebih mahal dari B, dan hasilnya ternyata yang laris manis adalah selimut A…Isn’t That Interesting…?

Pelajaran yang paling gampang adalah saat2 ini….
Sekarang sedang demam film SPIDERMAN III, bagi anda yang jeli pasti akan memborong selimut spiderman saya, dan menjualnya jauh lebih tinggi daripada selimut yang lain, semacam berbie,snoopy dll..,padahal sekali lagi harga dari saya sami mawon….hehehe..

Kadang ada yang iseng, lha Pak Hadi sekarang nerapin hal yang sama juga nggak kepada kami…? Hehe..itu Rahasia….tapi yang jelas dari awal kelahiran bisnis selimut saya, saya sudah mendeklarasikan bahwa selimut ini NAWAITU-nya buat pancingaan temen-temen saya yang ingin memulai bisnis…meski tawaran dari pemodal2 mengalir agar saya membuka grosir saja ditoko kan margin makin besar…saya geleng2….
Karena saat ini belum ada niat…karena nanti keran2 lewat temen2 akan terhambat..mereka secara psikologis jadi nggak leluasa lagi bergerak, meski sebenarnya tidak perlu takut seperti itu….

Daripada membuka grosir dan mendapat untung besar dari sana, saya lebih senang mendekati pusat penguasa, Pemilik Pabrik selimut agar bisa mendapat porsi harga yang lebih murah lagi..entar kalau dapat diskon lebih murah, maka harga saya ke temen2 juga akan saya kurangi lagi…..isn’t it DAHSYAT…?

Ada kecualinya dhing…kecuali kalau kalau proyek dengan Pak Haji Goal…nanti saya bareng2 sama temen2 TDA bisa bareng2 membuka grosir di NEGERI JIRAN…..amin….

Ternyata dari bisnis selimut ini sayapun dapat pembejaran yang dahsyat, channel yang banyak, Info2 yang bermanfaat. Saya bisa kenal dekat banyak sekali dengan orang2 hebat, yang kadang datang dari jauh dan menyelakan waktu untuk mampir…dari jatim, lampung, banten, dll…

Itulah keuntungan terbesar yang saya dapatkan…Insya Allah suatu hari nanti kalau saya akan membuka bisnis di kota-kota ditempat-tempat customer2 saya, bisa jadi saya bisa mgnhemat ongkos survei, cari2 tempat, bahkan mungkin modal…Alahmdulillah…

Indahnya Kebersamaan……

Salam FUNtastic….

Hadi Kuntoro
www.selimutku.blogspot.com
25-1000-20

Tidak ada komentar: