SETAHUN PERJALANAN BISNIS GARMENT

Beberapa hari ini saya seperti bermimpi, karena saya melihat gambar2 toko saya yang terakhir tampil di majalah2 muslim yang cukup ternama macam Sabili, Ummi, Paras, Alia dan beberapa majalah muslim lainnya yang saya nggak hafal.Kalau saya menengok ke belakang ini adalah bener2 impian saya yang setahun lalu masih kebingungan karena baru beberapa hari memulai usaha di garment (lihat postingan saya di blog tahun lalu, yang berjudul "HARI PERTAMA PEMBUKAAN USAHA MEMANG SANGAT MENDEBARKAN" (http://hadikuntoro.blogspot.com/2006/06/hari-pertama-pembukaan-usaha-memang.html)

Waktu itu saya dan Istri cari2 majalah Ummi, karena beberapa hari sebelumnya saya ingat kata2 pak Roni dan sekaligus dari Bukunya Pak Tung juga, bahwa agar bisnis kita cepat maju, maka belajarlah dari yang terbaik.
Kalau yang terbaik idola kita itu ada di luar negeri atau sudah pada mati gimana..? Tanya saya waktu itu, dan dijawab " Ya..baca2 buku2nya, carilah spirit2nya…dll…"

Nha inilah masalahnya..saya termasuk orang yang diatas rata2, yakni bisa menghabiskan waktu 4 sampai 5 kali lipat lebih lama dari rata2 orang kebanyakan dalam membaca dan memahami suatu buku…jadi meski rajin beli buku, saya tidak tahu kapan akan memulai membukanya apalagi menyelesaikan bacaaanya…(hehe..kesian deh gua…dan inilah sebabnya saya paling sering protes sama istri kalau dia sedang memaksa anak2 disuruh belajar, rasanya hati saya ikutan sakit…lha wong bapaknya saja malas baca buku kok)

Karena nggak suka baca itulah maka untuk mencari figur terbaik yang bisa dijadikan partner saya lebih seneng hunting nyamper2in orangnya…
Tapi alhamdulillah saya berusaha dan tidak pernah memposisikan diri saya sebagai orang yang meminta sesuatu cuma2 dari orang2 itu, tapi memang saya berusaha dan berniat memposisikan diri saya untuk sedikit membantu membesarkan mereka-mereka juga, jadi sampai saat ini saya tidak pernah merasa underdog dan tetap bisa vokal, kalau suatu ketika saya harus vokal…

Alhamdulillah…saat ini partner bisnis kami adalah orang2 yang Insya Allah tidak lama lagi akan menguasai beberapa jalur bisnis yang sangat strategis di Indonesia, semacam Haji Amri Gunawan (Pemilik Rabbani) , Haji Alay (Pemilik Mira Super Grosir), dan partner satu lagi yang cukup Istimewa Yasashi San "SANG SAMURAI" yang bisnisnya kelas dunia…(http://hadikuntoro.blogspot.com/2007/04/perjalanan-seorang-samurai-i.html)

Dan kalau saya perhatikan, ternyata seperti yang pernah di ulas oleh Pak Fauzi Rachmanto, salah satu guru saya, circle-circle itu selalu ada di setiap jenjang.
Kalau kita bisa meloncat dan mask kedalam circle yang diatas kita, mula2 terasa jengah, tapi lama terbiasa dan apa2 yang menjadi masalah kita di circle sebelumnya, ternyata di circle atas yang baru ini adalah masalah yang gampang sekali…

Sebagai contoh di kantor saya untuk dapat pinjaman 10-20 juta susahnya minta ampun, teken ini-itu dll…ini saya sebut circle ke-1.
Setelah saya bertemu dengan Pak Amri Gunawan (Circle ke-2) ternyata untuk mendapatkan sesuatu yang di circle-1 begitu susah, ternyata di cicle yang baru ini tidak lagi...dan perkenalan saya dengan pak Amri ini begitu membuka wawasan saya bahwa ada circle2 besar diluar sana, baca kisah kisahnya di "EVENT DAHSYAT AWAL SEPTEMBER-III" (http://hadikuntoro.blogspot.com/2006/09/event-dahsyat-awal-september-iii_09.html)
Sedikit meloncat ke circle yang diluar (circle ke-3) ternyata angka segitu nggak terlalu susah dan bahkan tanpa perlu teken2 apapun…bisa didapatkan, contohnya adalah ketika saya di panggil pak Haji dan oleh beliau saya dibebaskan untuk ambil dagangan apapun dari beliau dan bayarnya setelah laku, kisahnya bisa dibaca di "MIRACLE AWAL RAMADHAN" (http://hadikuntoro.blogspot.com/2006/09/miracle-awal-ramadhan-sabtu-23.html)
Di Circle-nya pak Haji ini saya melihat dan mendengar ada transaksi ratusan juta sampai miliaran yang deal tanpa pikir panjang dan hanya beberapa menit merenung…dan di circle ini pula saya dengan pede yang bisa datang dan dialog langsung dengan Yasashi San (Pebisnis Tangguh dari Jepang) dan disinilah saya masuk circle ke-4, yakni circle-nya orang2 asing.

Di Circle ke-4 ini saya tahu dahsyatnya pebisnis2 asing yang transaknya puluhan milliar seminggu macam Northwest, Ishikawa-Living, Marvel, Ikea dll…

Setelah kita terbiasa bertemu dengan cirlce2 yang diatas kita itu, ternyata tidak terasa kita terseret kedalam circle2 yang ternyata terdiri dari berbagai level dimanapun kita berada.
Ingat, adalah hukum alam, bahwa orang cenderung berkumpul, ngobrol dan berbicang2 dengan mereka yang selevel.
Contoh kalau ada 1000 orang berkumpul di satu tempat dan boleh ngobrol bebas, maka beberapa jam kemudian kita akan dapatkan bahwa mereka sudah membentuk kelompok2 yang ajaibnya, biasanya individu2 itu memiliki banyak kesamaan dalam masing2 kelompoknya. Yang pendapatannya sebulan 500ribu enjoy bergaul dgn temen baru yang kira2 nasibnya sama, yang 5juta sebulan juga begitu, yang satu trilyun seminggu juga akan sama…

Nha kalau kita sudah NGEH atau MENYADARI seperti ini kita bebas kok memilih…misalnya kita memilih dan menjadikan diri kita sebagai orang yang FLEXIBLE, yang dengan enjoy bisa melompat ke circle manapun...

Seperti di kampung, kami kenal dengan Circle pengusaha2 kampung yang omsetnya sebulan miliaran juga, yang dari uluran tangan mereka itulah bisa lahir outlet/toko kami yang saat ini gambarnya terpampang dimana-mana tersebut…dan Alhamdulillah sampai saat ini kami alhamdulillah sudah bisa mempekerjakan 17 orang karyawan…semoga jumlah ini akan terus bertambah dan membesar, karena justru inilah sebenernya goal utama saya membuka usaha…agar kami bisa memposisikan diri lebih berguna bagi orang lain...

Dan untuk anda yang pekerja keras, dan sedang membangun bisnisnya, dan modal anda sangat tipis seperti saya di awal usaha, YAKINLAH…bahwa anda pun bisa jauh lebih cepat melesat..asal anda YAKIN..
Ingat…jumlah orang yang mau bekerja keras tapi tidak punya modal, tidak jauh beda dengan orang kaya yang bingung dimana mau menanamkan modalnya …
Semoga anda mendapat sedikit Inspirasi....
Oya...saya ingin mengulang apa yang tertulis di blog saya kolom sebelah kanan
"Bila ada sepenggal KISAH SUKSES disini, Insya Allah saya tak bermaksud Riya’ tapi Nawaitu agar anda ikut termotivasi. Bila ada kisah sedih, saya tidak bermaksud menyurutkan langkah anda, tapi sebaliknya ingin agar ANDA LEBIH TEGAR, KARENA ANDA TIDAK SENDIRIAN"
Salam FUNtastic..
Hadi Kuntoro

Tidak ada komentar: