BETTER NEGOTIATION SKILL

Untuk anda yang saat ini bisnisnya masih berbentuk embrio raksasa atau janin raksasa atau bayi raksasa kelas dunia, apa yang harus kita lakukan agar dapat meningkatkan margin dari komoditi kita..?

Ternyata banyak sekali caranya, bahkan si si Brad Sugars memproklamirkan bahwa dia merangkum 67 cara paling efektif untuk meningkatkan margin tersebut. Satu diantara 67 cara jitu itu adalah "Better Negotiation Skill" yang artinya kira2 : kita harus pinter2 negosiasi dengan pemasok kita. Sesuatu yang biasa2 tapi ternyata sangat menarik, karena hal ini bisa diaplikasikan kapan saja, nanti sore, besok pagi atau setelah anda membaca tulisan ini dan langsung menelepon pemasok anda.

Pinter negosiasi disini tidak berarti kita harus memohon-mohon agar harganya dikurangi dan merendahkan diri kita. Kita bisa lakukan dengan pendekatan baik formal maupun non formal.

Contoh yang pernah saya lakukan dalam Pendekatan yang non formal misalnya saya sering ajak pemasok saya ngobrol dan diskusi, saling tuker2 informasi dan kadang saya membantu mengurus suatu urusan, contohnya ngurusin perijinan, merek misalnya, bantu2 survei pasar, atau dalam suasana serius tapi santai, serasa sedang main catur.

Saya atur stretegi2 saya beberkan semua angka2, fakta2, target2 dan juga tidak lupa saya umpankan satu target yang menantang, misalnya, "Saya akan jualkan barang anda 10x lipat lebih banyak dari yang lain2 tapi kalau saya 3 bulan berturut2 bisa seperti ini terus saya minta harga turun lagi 10% dari sekarang. Bagaimana..?"Kalau anda berani memberikan tantangan seperti itu saya yakin kemungkinan dan berhasil nego akan makin besar.

Cara itu sudah saya terapkan ketika bulan lalu saya menghadap pemilik pabrik selimut, dan hasilnya adalah seperti yang anda lihat sekarang, saya sudah berani membuka keagenan, saya menurukan harga juga sehingga anda makin leluasa menjual selimut kami tanpa takut ada persaingan yang berarti.

Dan efeknya sungguh luar biasa, repeat order makin besar dan customer2 yang baru juga makin banyak, dan sekarang malah kami kerepotan dalam penyediaan barang..hehe..(ini disebut happy problem kata pak Roni)

PR saya berikutnya agar margin anda makin besar adalah saya akan berusaha keras menurukan ongkos deliveri atau pengiriman. Untuk mengurangi Cost di sektor ini saya akan bener2 pelajari jalur2 distribusi dengan mengenal sebanyak mungkin agen2 pengiriman baik di ibukota, antar kota, antar propinsi, antar pulau dan antar negara, ini saya lakukan agar bisa memangkas ongkos kirim, yang ini merupakan salah satu komponen cost yang besar bagi kami...

Insya Allah dalam waktu dekat saya bisa nego lagi sampai dapat "Top Best Deal" yang akan bener2 mengantarkan temen2 bisa bener2 bermain lebih lega lagi, karena harga bisa turun lagi...semoga...

Salam FUNtastic..

Hadi Kuntoro

http://rajaselimut.com/

1 komentar:

Jobove - Reus mengatakan...

We happen from chance and have remained a good moment, regards from Catalunya - Spain