MEREKA YANG TELAH "NEKAT" MAJU KE PANGGUNG

Prolog :
Dalam sebuah seminar di tahun 2006, para peserta terbengong-bengong ketika seorang pembicara yang baru berdiri di podium tiba-tiba mengeluarkan selembar 50ribuan sambil barkata “Siapa yang mau uang 100ribu..?”
“Beneran enggak sih..? paling dia main-main doang, paling 50ribu enggak akan diberikan beneran”
“Malu ah, entar sudah maju enggak tahunya batal, dikira mata duitan”
“Pasti syaratnya macem-macem suruh joget kayak monyet atau disuruh merayu cewek..berabe deh..”

Barangkali hampir semua peserta memikirkan hal yang sama dengan saya hingga tiba-tiba ada peserta yang duduk di belakang tiba-tiba berjalan dengan santai ke depan dan mengambil lembaran 100ribu di meja pembicara.
“Ee Mas kok main ambil saja lho” kata sang pembicara
“Hahaha..syaratnya apa pak”
“Siapa nama anda,”
“Muslih Prasojo Pak”
“Selamat ya, anda orang yang sangat luar biasa..! Memang tidak ada syarat apa-apa, silahkan duduk kembali. Ini adalah bukti bahwa meski sudah jelas-jelas di depan mata, kita masih tetap saja berkutat dalam ribuan tanda tanya, ragu, bimbang, waswas...dan ketika sedikit motivasi sudah muncul, ternyata peluang itu sudah di sambar orang lain..?”

Dalam sebuah seminar juga, tahun 2008 bersama temen-temen TDA, yang pembicaranya waktu itu pak Zainal Abidin (Bang Jay http://zainalabidin.net/) di Cibubur, tiba-tiba beliau menawarkan buku tebal yang sangat menarik “Saya memiliki 3 buku yang snagat spesial, siapa yang mau silahkan maju..!” katanya
Kali ini keadaaan sudah berubah, nyaris separuh peserta dari 50an orang maju serentak sampai Pak Zainal kewalahan.
“Oke karena yang berminat banyak, saya tawarkan buku ini pada yang mau bayar 50ribu” peserta yang mau masih bertahan, mungkin mereka masih berpikir ini cukup murah...
“Masih banyak juga, saya naikkan syaratnya menjadi 100ribu” beberapa orang masih bertahan..
“Karena hanya tiga buku syarat naik lagi menjadi 150ribu..!” tinggal hanya 5 peserta, dan saya yang dari tadi milih enggak ikutan karena ramainya yang menyerbu kedepan tiba-tiba tertarik berlari maju dan sambil mengacungkan tangan..
“200 ribu ada yang mau..” tinggal 3 peserta yang ada termasuk saya...heheh.saya yakin pasti akan baik-baik saja..
“500ribu masih bertahan..?” 3 peserta tetep bertahan dan akhirnya pak Zainal berkata “Selamat, anda adalah orang pilihan, silahkan ambil buku ini FREE...” hehehe.akhirnya saya termasuk satu dari tiga orang yang mendapat buku itu, tadinya saya pikir kalau buku sudah di tangan hingga 1 juta pun saya oke, dan saya akan nego nicil 1 tahun, dan kalau saya inget saya akan nyicil, kalau lupa saya minta diikhlasih saja, pasti Pak Jay juga akan oke..hehehe..ternyata malah dapat gratis.
============

Saat ini, awal tahun 2009, saya menawarkan sebuah ide untuk membuat sebuah minimarket, one stop shopping yang berisi peralatan tidur yang kelasnya menengah dan sedikit keatas, yang untuk memudahkanya sebut saja namanya HASUKO DISTRO.
Berbeda dengan tawaran uang 100ribu atau Buku bagus yang ditawarkan free oleh para pembicara di seminar tadi, saya justru terang terangan ngomong bahwa konsep yang saya tawarkan ini sifatnya masih gagasan, profitable atau enggak saya masih belum bisa ngomong diatas kertas, saya hanya ngomong PASTI AKAN ADA JALAN atau ILMU yang bisa kita dapat dari sini, dan apa yang ada di pikiran saya itu saya tuliskan di postingan yang saya beri judul “What is Hasuko Distro” lihat link-nya di “http://hadikuntoro.blogspot.com/2009/02/telah-hadir-embrio-hasuko-distro.html

Ternyata mindset pembaca-pembaca blog saya sudah makin naik tingkat optimisnya, kondisi 2009 ini sungguh berbeda dengan kondisi tahun 2008,2007 apalagi 2006 saat itu.

Beberapa jam setelah saya menuliskan postingan itu beberapa pembaca spontan menangkap itu sebagai ide yang menarik, dan beberapa orang yang PEMBERANI segera take action langsung email ke saya dan berniat membuka HASUKO DISTRO di tempat-tempat mereka, termasuk salah satunya seorang Dokter Muda, asal lampung yang saat ini bermukin di Yogyakarta, karena sedang mengambil S2, (mo jadi dokter spesialis barangkali ya...). Namanya dr.Fiki Fernandez (email:dr.fiki@yahoo.com).
(Gbr. Heheh..dokternya ternyata masih sangat muda ya..heheh, beliau datang ke outlet kami di gunung, outlet kecil prototype kami di Wonosobo)
Saya enggak tahu gimana ceritanya, kok pak dokter ini nekat mau secepet itu membuka outlet Hasuko Distro, lha wong saya sendiri masih ketar-ketir jee, hehehe...malah saya pernah menyarankan "Membuka outletnya do kost-kostan saja pak.."

Dan dokter muda yang masih lajang itu hanya tertawa, “Tekad saya sudah bulat kok Pak, dan saya sudah dapat tempat yang lumayan bagus, di Jalan Kaliurang Yogyakara, sewanya memang lumayan, tapi saya optimis dengan peluang ini !”
Tuh kan...?

“Oke deh pak, saya akan support anda, support yang terbesar adalah doa, dan selebihnya andalah yang memegang kendali. Kontak saya anytime kalau anda mau ngobrol dengan saya” kata saya via telpon.

Dan bebeberapa hari kemudian saya mendapat kiriman email gambar dari beliau, yang dengan bangga menceritakan progress outletnya,
================
“Assalamualikum Pak Hadi,ini foto2 calon toko di jalan Kaliurang km.5 Yogyakarta, yangg Insya Allah akan buka tgl 18 Feb 2009,mohon doa restu dan dukungannya ya pak ini masih banyak yg perlu direnovasi “
================
Dan beberapa hari kemudian beliau kirim lagi tentang outletnya yang agak mundur dari rencana semula, yakni awalnya mau buka tanggal 18 Maret menjadi tanggal 21,
(Gbr.Tuh kan..? kreatif sekali beliau, memasang sofa untuk ngobrol para pelanggan, measang tempat tidur juga, hehehe..yang ini ide baru dan saya musti catat nih...

Dan tanggal 22 Maret 2009, kemarin Pak doketer email lagi :
====================
Salam hangat Pak Hadi,
Alhamdulillah berkat saran dan dukungan Pak Hadi saya dengan calon istri nekat membuka toko selimut Jepang dan Perlengkapan tidur yang kami beri nama "Filova Bedding" dengan motto "Comfortable Sleeping, Getting your Best Living.."

Letaknya di Jalan Kaliurang Km.5 Yogyakarta yang akan Grang Opening tanggal 24 Februari 2009, mohon doa dan dukungannya..

Alhamdulillah walau kami belum pasang Neon Box dan launching sudah mulai customer-customer tahu keberadaan toko kami karena info-info dari blog Pak Hadi, kami mohon terus dukungan sponsornya pak Hadi..

Menariknya ada customer yang datang jam 9 malam sewaktu toko kami mau tutup, customer berasal dari Medan yang sedang jalan-jalan di Jogja..yang kebingungan mencari oleh-oleh khas Jogja untuk dibawa ke Medan..
Dia bosan kalau bawa oleh-oleh bakpia, wongko atau makanan khas Jogja..
Anehnya customer ingin membawa Selimut Jepang sebagai oleh-oleh khas Jogja..
Mungkin dia berpikir Selimut Jepang made in Jogja..mungkin perlu diralat ya Pak Hadi..hehehe
Memang saya berpikir kedepannya memang kita harus menciptakan inovasi agar selimut Jepang ini nantinya bukan hanya sebagai Selimut yang kita pakai untuk tidur, tetapi sebagai cinderamata dari daerah Jogja yang perlu inovasi dalam packagingnya..

Image Jogja sebagai kota wisata mungkin dapat membantu agar selimut Jepang ini bisa dibawa bule-bule luar negeri sebagai cinderamata yang baru dari Indonesia..


Kita bangga produk Indonesia sendiri..
Mohon sarannya pak hadi
Terimakasih

Fiki "Filova Bedding"
===========

Baiklah Pak Dokter, saya menunggu berita gembira tanggal 24 Maret itu, jangan lupa kirimkan juga foto tampak dari luar, dimana posisi tepatnya tempat anda, beserta alamat jelasnya, dan jangan lupa shoot juga anda beserta calon anda yang tentunya orang yang sangat beruntung...!

Kita tunggu apakah Hasuko Distro yang namanya "Filova Bedding" ini bener-bener akan aman-aman saja seperti mereka yang mendapat 100ribu dan buku gratis itu...?

Kan Butuh modal...?Sedangkan cerita diatas kan gratis..? ya bener..tapi apakah semua berani maju..? hehehe....keberanian anda maju ke panggung juga modal yang bukan kecil lho..anda punya modal nyali nyali yang besar..! Keberanian dokter Fiki inipun bukan main-main, lha wong dokter kan kelak kalau sudah jadi spesialis cukup duduk-duduk saja bisa dapet jutaan tiap hari kok....memang perbandingan antara yang di kelas sama yang di lapangan bukan perbandingan 'Apple ti Apple' tapi ada kemiripan besar...biasanya yang dapat lebih dulu adalah yang maju duluan meski dia tahu peluangnya masih tergambar dilangit....

"Keajaiban hanya Terjadi pada ORANG YANG BERANI"

Salam FUNtastic..!
Hadi Kuntoro
http://www.rajaselimut.com
http://hadikuntoro.blogspot.com

Note :
  1. Dokter Fiki inilah yang memiliki idea pertama untuk mengetest selimut kita di RS.Sardjito Yogyakarta, Yang di test adalah selimut Cashmere dan Animasi 100% Acrylic "Pak Hadi ketika dikeringkan dengan pengering panas selimut langsung rusak" tapi gak apa2 karena itu standard pengetesan, dan saya sudah tahu bahawa itu enggak boleh dilakukan, dan ketika di test pakai pengering yang dingin hasilnya oke, rontokan bulu-bulu sama sekali enggak ditemukan pak.."
  2. Ternyata Pak Fiki ini belakangan baru saya tahu, beliau adalah calon saudara pak Festa Antoni, yang pernah saya tuliskan kisah bisnis selimutnya di tulisan "Mau Jadi Distributor Kok Modalnya 2juta..?" link nya ada di

    (semoga nanti kolaborasi anda akan menjadi sinergi yang sangat kuat dan saling melengkapi ya...)

  3. Pak Fiki ini kreatif sekali loh...beliau memiliki saudara-saudara yang punya link ke rumah sakit-rumah sakit bersalin, dan memasukkan selimut bayi, kemudian di bordir sesuai nama rumah sakit, dan itu dijadikan gift yang dibawa pulang oleh Ibu yang berbahagia melahirkan disitu...saya yakin gift-nya ini akan disimpan seumur-umur sampai anaknya besar...hehehe..kreatif ya..
  4. Apakah nanti akan muncul mereka yang berani take action seperti beliau..? Meski saya sering katakan bahwa profitable atau enggak masih tergambar di langit, karena Hasuko Distro yang saya miliki juga baru berumur 2 bulanan...
  5. Alhamdulillah..kami sudah mulai bisa memproduksi sprei yang nantinya buat Hasuko Distro, dengan kwalitas yang "Hasuko Standard" karena tuntutan kwalitas saya agak tinggi, maka produksinya masih kecil, paling 100-200 sprei sebulan, dan melayani yang datang kerumah saja sudah keteteran, padahal belum ada paking yang bagus, belum ada katalog..pokoknya masih terbatas banget...lihat sedikit bocorannya di http://www.alasare.com, mohon maaf saya belum berani ekspose besar-besaran takut nanti emngecewakan anda, karena saat ini kami masih "tuning-tunning" dulu, info sprei selengkapnya silahkan kontak di LINK INI

Tidak ada komentar: