Kepahitan Sekarang is Kenangan Indah Masa Depan

Pak  Hadi, melihat perjalanan bisnis anda di blog bener-bener membuat saya iri, karena saya melihat progress anda dari waktu ke waktu kelihatanya naik terus dan tidak ada kendala yang berarti. Apakah memang bener seperti itu, atau ada sesuatu yang disembunyikan dan bapak bercerita yang indah-indah saja..?

Demikian bunyi email yang masuk ke Inbox saya, dan email-email yang sejenis sering saya dapatkan dari mereka-mereka yang masih awal-awal berbisnis dan menemukan kenyataaan bahwa ternyata rintangan yang ditemui banyak sekali.

Sahabat-sahabat dan pembaca yang budiman, saya menyarankan kepada anda agar membaca blog saya ini secara utuh, dari awal saya membuat postingan, karena ini adalah diary kehidupan saya, jangan hanya sepotong-sepotong apalagi hanya mencuplik sukses story yang indah-indah saja..hehe..

Saya sering bilang kepada mereka, bahkan Nabi Adam (Alaihi Salam)-pun yang merupakan manusia pertama dan sangat di kasihi sang pencipta, yang pada saat diciptakan belum ada saingan satupun, ternyata tetap saja mengalami banyak kesulitan...(hehehe...contohnya ketinggian kali ya..)

Ada beberapa macam bisnis pernah saya coba, dan sebagian besar diantaranya hanyalah ongkos belajar saja, nyaris semuanya berhenti.

Oya ada satu pengalaman bisnis yang tidak akan pernah saya lupakan, yakni saya pernah menjual (maaf) pakaian-pakain dalam ke kantor.! Macam-macam pakaian dalam, dari kaos singlet lelaki, BH sampai celana dalam...hehehe..

Awalnya saya ide untuk membeli dalaman-dalaman di Pasar Tanah Abang, dan pernah juga di Cipulir, dan kami kirimkan barang-barang itu ke kampung untuk dijual Ibu di pasar tradisional.

Bagaiman cara saya menjualnya di kantor...?

Mbak Desy, saya sabtu kemarin sama Istri belanja beha dan celana-celana dalam di Tanah Abang loh. Saya mau kirimkan ke kampung. Ternyata menarik juga ya...disini banyak barang-barang murah...” Saya bercerita pada Mbak Desy pada suatu kesempatan, dan itu untuk pertama kalinya saya main ke Tanah Abang. Desy ini adalah salah satu anak buah saya, ketika saya ditempatkan di bagian yang memproduksi mesin-mesin mobil. Namanya bagian Machinning atau Engine Plant.

“Bawa ke Kantor juga pak, entar Desy yang nawar-nawarin ke temen-temen deh”
“Ah..malu mbak, saya bawanya dari rumah kan naik motor, dan di security juga pasti di cek kok  saya bawa bungkusan gede, apa isinya hehehe...” kata saya

“Cuek pak, santai saja, Pak Hadi berangkatnya pagi-pagi kan belum ramai orang, jadi entar sampai di kantor barang langsung taruh dibawah meja saya saja, ngapain malu, nanti saya nawarinnya pas istirahat atau sore setelah jam kerja usai, temen-temen kita di General Affair, Finance, HRD yang banyaak cewek-ceweknya pasti pada mau...besok bawa ya pak Hadi...” kata Desy yang berasal dari Padang.

Tapi nyaliku ciut......hehehe...saya masih tetep belum berani..
Masak sih, Section Head laki-laki bawa-bawa pakaian dalam ke kantor, kalau orang-orang tahu bisa jatuh martabat saya nih..hehehe...apalagi setiap hari Jum’at kita ada meeting Section Head dan para big bos, semuanaya ngumpul, wah bisa jadi gunjingan orang nih....nyali saya makin ciut..

Hingga beberapa hari kemudian, akhirnya saya memberanikan diri mulai membawa ke kantor, ternyata Mbak Desy telpon-telponan dengan  istri saya di rumah, dan pagi-pagi istri meminta saya membawakan bungkusan minta diantarakan ke Desy , kata istri saya...hehehe..kena deh...

Dan mulai saat itu saya rutin membawa pakaian dalam ke kantor, dan ternyata responnya lumayan bagus, karena banyak orang yang begitu sibuknya kali ya, sampai  pada enggak sempat beli.

Satu orang pesen selusin,  ada yang 2 lusin...dan  demi pakaian-pakaian dalam itu saya berangkat kerja 30 menit lebih awal, di kantor saya biasanya hadir di urutan ke-2 setelah cleaning service pagi, karena kalau berangkatanya bareng-bareng dengan yang lain pasti akan banyak yang bertanya, atau iseng melihat saya bawa apa..wah bisa malu entar...

Tapi tidak urung lama-lama orang pada tahu juga...dan para bapak-bapak ternyata banyak juga yang pesen ke saya, mulai dari yang biasa sampai merk terkenal macam GT-Man, Crocodile dll...hehehe..lama-lama enggak malu juga...

Bisnis ini berhenti ketika orang-orang di kantor sudah banyak yang membeli, dan akhirnya berhenti dengan sendirinya......biasa...tipikal bisnisnya karyawan bisanya ya seperti ini, entar muncul ide lagi, bisnis apa lagi, dan berhenti lagi....hehehe..

Kejadian itu terjadi pada tahun 1998-2000an, dan mbak Desy saat ini sudah menjadi salah satu karyawan yang sukses, memiliki beberapa kontrakan, ada bisnis jual beli mobil dan beberapa bisnis yang lain....

Sebelum resign setahun yang lalu, kami sempat foto-foto, lihat dibawah ini:


Gbr.  Mbak  Desy sekarang sudah berkerudung, dulu beliau tidak berkerudung dan anak-anak masih SD, sekarang anak-anaknya sudah SMA.

Pembaca, kalau pengalaman sederhana seperti saya diatas di aplikasikan pada diri anda saat ini apakah anda siap..? kalau posisi anda kira-kira selevel dengan saya waktu itu, meski sebagian enggak masalah, tapi saya yakin sebagaian besar yang lainnya pasti tidak berani..! Gengsi, malu dan sebagainya...

Saya pun dulu mengalami hal yang sama, dan ternyata hal-hal yang membuat kita malu,takut,gengsi dan sebagaianya, kalau TETAP DILAWAN enggak apa-apa kok, ternyata itu hanya ada di benak kita saja, karena ketika saya melihat orang lain melakukan hal yang sama, yang menurut dia memalukan, bagi saya tidak, malah saya salut....

Dan yang pasti, peristiwa kita mengalahkan rasa takut, malu, gengsi dsb itu, menjadi pengalaman indah  dan tidak akan terlupakan pada saat mendatang...

So..jadikan hari ini, hari yang sangat berkesan dan sangat indah untuk anda ceritakan beberapa tahun di depan...

Semoga Anda Terinspirasi

Salam FUNtastic..!
Hadi Kuntoro

http://www.rajaselimut.com
http://hadikuntoro.blogspot.com

Note :

Ada tulisan di my Wall, dari seseorang di Facebook :

Pak Hadi untuk tayangan raja selimut di Hidup Ini Indah, on air tanggal 4 april 2009 Insya Allah pasti tayang pada tanggal tersebut, kebetulan saya di Trans TV. Jadi termotivasi lagi nih, kalau untuk saya ada harga khusus sebagai agent gak Pak :-D ??? 
Salam Sukses Pak Hadi boleh nyantrik nih !!! Harusnya Pak Hadi ini juga jadi narsum Bosan Jadi Pegawai nih ....

IMAM MALIK
Facebook:
http://www.facebook.com/profile.php?id=1079946301&v=photos&viewas=747141165


Saksikan saya esok hari di TRANS-TV ya...Insya Allah..

Tidak ada komentar: