WEDUSE PAK NAWI ILANG

WEDUSE PAK NAWI ILANG

Sore habis ashar Mae (ibu) saya asyik sekali, topiknya adalah "Kambingnya Pak Nawi Hilang".
Bapak saya (meninggal tahun 1980) dan semasa hidupnya dulu bapak dikenal sebagai pedagang sekaligus petani.
Bapak punya kambing buanyaaak...dititipkan di desa-dess dibawah gunung, dan salah seorang yang memelihara kambing namanya pak Nawi di desa yang namanya Pringwulung, di Kec.Karangkobar, Banjarnegara.

Pagi-pagi, datang tergopoh pak Nawi kerumah bapak " Denmas, mohon maaf kambing jawa merah yang ditempat saya hilang...saya sudah  dicari sampai malam enggak kurang-kurang cara nyarinya tetep gak ketemu, mohon maaf ini kesalahan saya...." pak Nawi ketakutan.

Bapak tersenyum tenang "lha emang sampeyan cara mencarinya bagaimana...?"

"Saya menyusuri jalan cari kearah desa Pager Gunung, ternyata ada 4 persimpangan, saya lari pulang saya ajak 4 orang masing-masing saya kasih tugas menyusuri 4 persimpangan itu...sampai malam itu kambing tidak ketemu juga, dan 4 orang itu laporan mereka masing-masing butuh banyak orang lagi karena di setiap jalan ternyata ada persimpangan-persimpangan lagiii......sampai sekarang belum ketemu juga denmase...nyuwun pangapunten..." Pak Nawi cemas dan khawatir

"Hahaha.....Pak Nawi gak apa-apa, yang salah bukan sampeyan atau kambingnya, tapi yang salah yang membuat jalan....karena kebanyakan jalan cari kambing saja jadi susah...hahahaha..." pak Nawi tadinya takut, akhirnya ikut tertawa juga....entah paham atau tidak kenapa bapak saya tertawa....

Hingga hari ini bapk Pak Nawi dan bapak sudah meninggal, kambing itu enggak ketemu, namun ceritanya masih hidup di kepala Mae Saya dan menjadi nasehat yang sangat luar biasssa....

Kata emak saya, _"kamu harus Fokus satu jalan dulu, cari uang itu fokus satu jalan dulu, jangan bikin cabang-cabang dulu, apalagi mikir bisnis-bisnis yang lain....kalau bercabang-cabang, jangan kan mendapatkan uangnya, cari kambing saja susah...."_  hahahaha....

Kadangkala kita karena kurang sabar..... kurang belajar.... akhirnya kurang yakin akan besarnya peluang bisnis Nutrition Club ini di masa yang akan datang, sering galau dengan banyaknya masalah-masalah yang muncul di bisnis ini..... dan bukannya masalah itu membuat kita makin seamngat untuk semakin rajin belajar...rajin memumpuk semagnat...semakin rajin mengundang.... justru malah sebalikn ya......

Kendala-kendala ini membuat kita _*Malah mencari Jalan Lain*_ dan mungkin jalan lain itu mengasyikkan sampai kita melupakan fokus yang utama..... 1-2-3 tahun kemudian jalan-jalan bercabang banyak.... akhirnya kita malah bingung.... saya seneng memperhatikan  DP sohibs yang menjual Herbalife sekaligus menjual yang lain.... karena nemu ide ini itu.... Jualan Sepatu +Tas+Baju, pagi BC herbalife, siang BC Tas, malam BC baju bayi imuut..... ada yang buka NC sekaligus buka warung makan, malah ada yang pagi BC sarapan shake, siang BC obat pelangsing wkwkwkw.... 🙈🙈 memang tidak ada masalah its fine.... baik-baik saja.... hanya saja fokus yang terbelah-belah itu kadang membuat kita justru tidak fokus semuanya.....

Demikian juga tentang DMO...yaaa..DMO....Daily methode Operation...pelajari satu hal dulu fokus-fokus-fokus sampai mendalam dulu, aplikasikan, jangan belajar ini belum selesai sudah mau yang itu...nanti yang sana...akhirnya ngambang semua, kebanyakan jalan malah akhirnya kita mumet/pusing dapetin hasilnya bagaimana....persis seperti cerita "Pak Nawi Weduse Ilang" diatas....

Semoga Bermanfaat

Tidak ada komentar: