TIDAK ADA KERJA KERAS


Mae sudah 61th, saya sebentar lagi 43th....hehehe.... rasane enggak percaya, dulu melihat orang berusia 40th rasane kayak perjalanan yang masih lama, eh ternyata dengan singkat saya bahkan sudah lebih dari itu " Hahaha.... saya dan Ibu tertawa bersama.
Senin 3Juni kemarin saya dan 2 anak pergi ke Kampung, Ziarah ke makam ayah kami, sebuah bukit kecil dengan pemandangan indah di Karangkobar, Banjarnegara.
"Di Usia 61sekarang Mae masih tetep bekerja, jam 5 pagi yang dingin menembus kabut ke Pasar mengikuti hari pasaran. Apa yang membuat Mae terus bekerja keras seperti sekarang..." hehehe....saya paling seneng memancing pertanyaan yang tidak disangka, karena kadang jawabannya berbeda dan kadang dari situlah saya banyak belajar.
"Hehehe...apa jawabannya yaa...sing jelas mae enggak merasa ini kerja keras, bahkan mae juga tidak faham apa arti kerja keras, apa maksudnya orang berkata kerja keras membanting tulang...." saya diam...

"Menurut Mae, TIDAK ADA kerja keras, mau kerja nya mencangkul, mencari batu di kali, mau kerja terus 24jam, mau kerja nya hanya 2 jam, kalau kita pikirane seneng, lalu bisa istirahat, ketika bangun sama-sama fresh...!"
"Jadi kamu kerja 8 jam sehari, sama kamu sudah 3 hari kerja terus 24jam" kemudian sama-sama tidur 8jam, asal hatinya sehat, ketika bangun sama-sama segar bugar....iya nggak..?" saya manggut-manggut

"Jadi tidak ada yang namanya kerja keras, tidak ada berusaha sangat keras, tidak ada banting tulang, karena ya itulah memang yang sewajarnya kita lakukan ya seperti itu"
"Perjuangan manusia itu hanyalah, bangun dan bergerak lagi, ketika jatuh ya bangkit lagi, ketika gagal ya cari cara lain coba sekali lagii....yang penting bergeraknya, yang penting bangkit lagi nya, yang penting coba lagi-nya, bukan KERAS nya....kareana sesungguhnya kerja keras itu tidak ada"

"Iyaa....kerja keras itu tidak ada, kamu ditinggal bapak masih kelas SD, sejak itu Mae ke pasar menggantikan Bapak, sampai hari ini kamu 43th....kata orang itu kerja keras...tapi Mae kok tidak merasa capek....berarti itu bukan keras, Mae hanya melakukan apa yang seharusnya memang mae Lakukan" mendengar mae berkata seperti itu saya terharu.....menahan bendungan di pojok mata saya.....dalam hati saya berkata, 
"Mae....terima kasih...saya sudah mendapatkan ilmu hebat yang tidak saya dapatkan diluar sana....

Semoga Tulisan ini Bermanfaat, semoga pembaca tulisan ini terinspirasi, semoga makin bahagia, sukses dan sehat....Aaamiin

www.hadikuntoro.com
NB :
Kota kecil kami wonosobo, mulai ramai akan didatangi orang2 dari penjuru Nusantara yang akan belajar konsep Rumah Nutrisi yang sistemnya Ter integrasi kompak satu sama lain. Bersabar menunggu antraian jadwal yaa......


Sent from my BlackBerry 10 smartphone on the Telkomsel network.

Tidak ada komentar: