EBA ( EMOTIONAL BANK ACCOUNT )

Semalam seorang sahabat yang yang saat ini sudah menjadi CEO perusahaan robot dan peralatan-peralatan las modern yang cukup besar di jakarta, mengajak saya ngobrol ....

"Malam pak Hadi apa kabar, Pak apakah ada teman atau saudara yg mau kerja jadi sales...accounting, Atau sales engineering...mohon informasinya yaa....saya membutuhkan banyak orang terutama yang you rekomendasikan, Yoyok sekarang kerja apa..? Besok pagi saya telepon ngobrol serius yaa..."  kata beliau (Yoyok yang dimaksud adalah adik saya, beliau dahulu adalah atasan oom yoyok)

 "Hehehe...Yoyok dan saya sekarang tetep menggarap bisnis wellness, membuat rumah-rumah nutrisi alias Nutrition Club di kampung-kampung hehehe... " Jawab saya, terus terang saya agak minder karena orangnya pinter kritis dan kaya..hahaha...mungkin juga karena terbawa kenangan masalalu, 10th yang lalu bisa main ke apartemen mewah dimana dia tinggal rasane sudah bangga sekalii... serasa bisa masuk lingkarannya orang-orang kaya hahaha....

"Apa itu..? Masih ada kaitannya dengan herbalife..?" tanya beliau nampak keheranan...

"Iyaaa...masih Herbalife juga, itu Rumah Nutrisi adalah semacam customizing bisnisnya menjadi semacam bisnis konvensional gitu pak...." jawab saya

"Alamaaaak....saya tunggu sampai bosan masih saja di Herbalife bukankah itu hanya bisnis uang kecil dan kirain pak Hadi hanya sebentaran doang, ternyata sampai 5th pak Hadi masih disitu ya...hahaha....saya membutuhkan orang-orang yang tangguh dan ulet, Waktu pak Hadi dan Yoyok masih banyak nggak..? Herbalife bisa dilakukan sambilan kan..? kita main uang besar saja....Bantu kita doong kalau gak mau ke jakarta kita buatkan perusahaan di Semarang seperti rencana kita dulu...." kata beliau.

"Walah...saya cariin orang yaa...dan kalau mau ngobrol-ngobrol tentang sistem produksi saya siap diajak ngobrol kapan saja, dan free gak usah bayar saya siap bantu hahaha...paling tidak bisa jadi teman ngobrol "Jawab saya...

"Saya dan Yoyok sekarang lagi semangat-semangatnya bermain-main dengan bisnis kecil-kecilan ini, fokus di Rumah NUtrisi...eh ngomong-ngomong sehat kan..? masih tetep olahraga ..?" Tanya saya mencoba mengalihkan perhatian...

"Wah makin sibuk pak, jadi jarang olahraga, Diabetes saya sudah mulai kena.... beruntung beberapa bulan ini saya ada kolega yang mengirim obat dari Cina, makan dragon ginseng meski mahal namun hasilnya cepat, dan ditambah sedot lintah pak...." Saya merinding...

Orangnya sangat pintar, pengalaman sudah ke seluruh dunia, bahkan mencari partner bisnis hingga sampai ke Israel...ternyata untuk urusan kesehatan beliau masih seperti orang awam, gimana ceritanya sakita diabet kok solusinya sedot lintah yaaa...hiiii...membayangkan saja ngeri... namun saya sengaja tidak ngomong herbalife, dulu saya sudah pernah menawarkan beliau beli banyak namun saya yakin kagak dipakai...hahaha....belum dapat hidayah....

Namun dari obrolan itu saya senang, artinya hati beliau masih dekat dengan kami, meski hubungan kerja oom yoyok dan beliau sdah putus lebih 10th. Dahulu ketika di Astra saya kenal beliau karena perusahaan beliau adalah pemasok mesin-mesin ke perusahaan kami, karena bisanya persahabatan dalam bisnis itu hanya sesaat...ketika posisi kita sudah tidak menguntungkan, maka kita bukan orang yang dikenal lagi.

Teman-teman, itu adalah gambaran dari sebuah nilai, tanpa terasa di kepala orang-orang yang kita kenal, disana ada ruang penyimpanan memori, dan salah satu yang disimpan adalah NILAI RAPOT KITA.

Ketika kita hanya memanfaatkan orang lain, kita tidak mau bekerjasama, kita tidak menyapa, apalagi kita pernah berlaku negatif, maka nilai kita yang tersimpan di MEMORI kepalanya adalah nilai kita yang negatif.

Jika tanaman kita positif maka tanaman itu akan hidup, dan suatu saat kemungkinan besar kita bisa memanennya.

Seperti obrolan kita diatas, jika kami bosan di herbalife kami tinggal bilang beliau, “Pak Saya butuh pekerjaan lagii...tolong ya pak...” maka kemungkinan besar beliau akan welcome dengan kita, jika tanaman kita negatif maka akan banyak alasan beliau menolak kami, karena dicari-cari di memorinya, tanaman POSITIF kita tidak ada. Tanaman positif atau negatif itulah yang sering disebut EBA (Emotional Bank Account) bahasa indonesianya adalah TABUNGAN KEBAIKAN.

Teman-teman, ayuk mulai pagi ini kita berusaha, dan dan terus berdoa agar Sang Pencipta mengarahkan langkah kita untuk selalu menulisa raport yang positif dan menanam sesuatu yang positif di kepala orang-orang yang ada di sekitar kita...Aaamiiin

Semoga anda terinspirasi dengan tulisan ini...Salam Dahsyat

www.hadikuntoro.com

Tidak ada komentar: