Siapa Mentor Bisnis Anda..?

INSPIRASI DARI STEPHEN GRATZIANI

(Dibawah ini adalah salinan cari coretan tangan saya ketika traiining bersama Mr.Stephan Gratiziani dari Perancis, di Sentul Bogor, 20-23  Jan 2017)



Di bisnis Garmen saya memiliki seorang guru yang setiap kata-katanya,  selalu kita jadikan rujukan, sebut saja namanya Pak Haji di Tanah Abang. Saya tidak bisa mengukur kesuksesan guru saya ini jika ukurannya adalah dari materi, karena meski nampaknya hanya penjual grosiran baju, namun beliau dengan mudahnya bisa beli mall...( bukan beli lapak yaa...namun beli Mall hahaha) dan dengan mudahnya beliau bisa beli ratusan kios di tanah Abang, yang saya tahu sewanya saja bisa ada yang 50jutaan sebulan di tahun 2010an.
                   
Di Bisnis Rumah Nutrisi inipun saya memiliki  guru-guru , dan siapapun yang saya anggap guru maka sepak terjangnya kita perhatikan detail..

 Ada seseorang yang sangat saya perhatikan, orang ini menurut saya istimewa, karena di setiap sesi training yang saya ikuti, selalu ada "Aha..." yang saya dapatkan. Masa lalu pernah kerja di perusahaan, juga puluhan tahun berdagang berbisnis, membentuk sebuah pola berpikir tersendiri                       

Dan pola pikir itu banyak simpul-simpul yang tidak nyambung dengan bisnis rumah nutrisi. Seperti kita menata puzzle...kadang ada puzzle yang membingungkan dan bahkan kita sangka potongan puzzle itu hilang atau bahkan tidak adaaa. Dan sessi training-training dari guru-guru macam Stephan Gratziani inilah puzzle-puzzle yang kami sangka hilang itu ternyata adaa... bahkan tergeletak deket, cuman karena kebalik posisinya dikira itu bukan puzzle yang pas
                 
Dia seorang chairman, asalnya dari Amerika, namun lama tinggal di Perancis                       
Dibawahnya sudah ada 8 orang president team, beliau termasuk 10 besar orang paling sukses di bisnis yang kita jalankan saat ini, dengan income perbulan (tebakan saya) lebih diatas 20 milyar sebulan                       
Lihat saja bonus tahunannya, tahun lalu 2016 di Cancun Mexico  1.5 juta Dolar (kalau di rupiahkan sekitar 20 Milyaran yaa..) dan itu hanyalah tambahan uang saku hehehe....yang nilainya lebih kecil dari uang bulanan yang dia dapat... banyak yaa.... setiap bulan bisa beli sawah 20 hektar...hahahaah                       

Namun yang menarik dari SG adalah, dari tutur katanya, dari training ke trainingnya, tidak pernah satu kalipun beliau menampakkan Ke-Glamour-an nya... dan justru lebih menonjol kesederhana annya....                       

Bisnis Herbalife lewat Rumah Nutrisi (Nutrition Club) , bisnis yang kita jalani ini bukanlah tentang uang, ini adalah tentang pergeseran peradaban, dari peradaban yang lama menuju peradaban baru yang lebih baik lagi, dan lebih baik lagi...dan kita adalah "The Messenger" atau penyampai pesan....                       

Pesan apa yang kita sampaikan..? Pesan agar generasi mendatang memperbaiki pola makannya, memperbaiki pola aktivitasnya, memperbaiki mindsetnya, berbagi kebaikan, satu orang dan orang lain terhubung sebagai sebuah komunitas yang menjadikan kehidupan kita lebih baik...                       

Yang kita jual kepada orang lain adalah "hati kita" dan produk kita hanyalah media saja.... orang membayar sejumlah uang untuk produk kita, namun kita  memberikan "NILAI" yang berlipat-lipat yang bahkan tidak ternilai...jaub lebih tinggi dari uang yang orang lain bayarkan...

Orang akan melihat Herbalife sebagaimana dia melihat "diri kita", apakah Herbalife perusahaan Nutrisi yang hebat dan kita adalah distributor-distributornya yang habat, ataukah Herbalife perusahaan MLM dan kita adalah pemain-pemain MLM yang hebat...                       

Seperti apa Metode bisnis kita, seperti apa cara kita memberikan pelatihan/training, seperti apa cara kita memberikan rekognisi, bagaimana kita bersikap, bagaimana kita berbicara, bagaimana kita tersenyum, bagaimana kebaikan kita kepada orang lain, bagaimana ketulusan kita saat memeluk para customer, bagaimana cara kita memandang dunia ini dll... adalah jendela orang lain melihat bisnis Bisnis Rumah Nutrisi (Nutrition Club) ini, karena kita adalah "Brand Ambassadornya" kita lah yang membawa nama herbalife kemanapun kita pergi                       

Satu orang dengan suara negatif, memberikan dampak yang lebih besar daripada 20 orang customer yang positif. Karena orang yang positif itu cenderung akan lebih banyak diam, dan orang yang negatif akan cenderung berteriak keras. Berbuatlah baik kepada semua orang, jangan lewatkan satupun.

Jika anda disebut duta besar atau Ambassador nya herbalife sebagaimana Cristiano Ronaldo CR7, apakah pesan yang akan anda sampaikan kepada semua orang, apakah anda akan makan sembarangan dengan pola yang tidak baik dan merokok di depan semua orang..?                       

SEJARAH MASA LALU

Saya lahir di Amerika, ayah saya seorang militer angkatan laut yang seorang ahli kapal selam yang hidupnya selalu berpindah-pindah, Ibu meninggal ketika saya 3 tahun, saya tidak mengenali ibu saya, dan yang menarik ayah saya menikah 7x yang saya ingat, sehingga saya terus hidup berpindah-pindah, dari ibu baru ke ibu baru yang lain, dari ibu tiri ke ibu tiri yang lain, kadangkala mendapat ibu tiri yang  baik, kadang mendapat ibu tiri yang tidak sebaik yang sebelumnya... mendapat yang baik lagi namun pisah lagi...... (Meskipun diceritakan dengan santai namun saya tersentuh membayangkan... seperti apa perasaaanya, dan tiba-tiba saya teringat Mae saya di Karangkobar, dan saya bersyukur...sampai usia sekarang masih punya emak...)

Hingga suatu hari saya dititipkan ke Nenek dari Ayah saya, dan saya mulai stabil karena bisa tinggal dirumah yang tetap dan cukup lama hingga 13 tahun, meskipun dirumah nenek ini saya merasa kesepian , namun ada hiburan yang menyenangkan yakni Naik Sepeda. diatas sepeda saya merasakan dunia yang lain, rasanya senang, dan adrenalin saya terpacu....dan naik sepeda menjadi hoby saya. Dan saya suka sekali menonton kejuaraan sepeda... impian saya adalah bisa menjadi atlet sepeda, dan bisa juara dunia sepeda...                       

Saya gagal di sekolah di SMA, nilainya tidak baik, karena saya lebih suka naik sepeda... hingga suatu hari ada teman saya mengajak ke Perancis, tanpa pikir panjang saya ikut, karena disana saya berharap karir bisa jadi atlet sepeda profesional lebih terbuka. di Perancis saya tinggal di rumah Nenek kawan saya.                       

Dan mulailah karir profesional saya di sepeda, merangkak dari bawah hingga akhirnya jadi atlet nasional, mungkin jika anda melihat kejuaraaan sepeda "Tour de Frank" sebuah event sepeda kelas dunia, anda melihat saya beberapa kali ada di Televisi...                       

Bertahun-tahun menjadi atlet, meskipun itu dunia saya, Namun lama-lama saya berpikir, nasib saya dari tahun ke tahun tidak ada perubahan, dari ke waktu ke waktu tetep saja tinggal di penginapan-penginapan atau kost ditempat yang murah, saya seperti menemukan jalan buntu, saya tidak yakin bisa terus hidup layak dengan cara seperti ini....                       

Ini adalah sebuah pemikiran dan perenungan yang sangat hebat...anda menyukai karir anda, namun disisi lain anda tidak mendapatkan apapun....ini ironis sekali... keuangan selalu bermasalah...dan akal sehat saya mengatakan saya harus pindah haluan dan melamar pekerjaan seperi orang-orang lain...                       

Namun saya menyadari... orang yang tidak kuliah, nilai SMA pas-pasan, kurang bisa bergaul... tentu saja tidak memiliki banyak pilihan kerja, apalagi saya tinggal di Perancis dengan Via kunjungan, bukan bisa Kerja, pasti susah mendapat pekerjaan, mau pulang ke Amerika dan bekerja di kampung, rasanya malu jika ketemu teman-teman...                       

Tahun 1990 Disneland membuka cabang di Perancis, saya melamar pekerjaan dengan harapan yang tidak terlalu tinggi, menjadi Badut Mickey Mouse , atau menjadi Cleaning Service pun tidak masalah, meskipun itu perusahaan Amerika, meskipun posisi yang saya inginkan yang paling sederhanapun saya ditolak dengan halus....                       

Hingga akhirnya saya bertemu dengan seseorang yang mengundang saya untuk sebuah pertemuan Herbalife (HOM) di sebuah hotel pada hari minggu. Saya pikir ini sebuah undangan lowongan pekerjaan, namun sebuah acara yang tidak menarik...namun apa daya, saya tidak ada pilihan lain...                       

KISAH TENTANG UPLINE


Yang mengundang saya (Sponsor) ke HOM adalah seorang wanita, yang sayangnya hanya beberapa kali bertemu dengan saya beliau menghilang....jadi saya ada di bisnis ini tanpa bimbingan Sponsor....                       

Hingga suatu saaat saya bertemu dengan sponsor diatasnya lagi, namun dengan orang itu saya yang kurang bisa bergaul tidak merasa nyaman, jadi saya gak kenal dekat...                       

Di kesempatan yang lain, saya ketemu sponsor diatasnya lagi, beliau orangnya sangat baik, penuh inspirasi, jadi idola namun hanya sesaat bertemu, karena enggak lama dari pertemuan itu beliau meninggal dalam sebuah kecelakaan mobil...                       

Dan saya dipertemukan dengan upline diatasnya lagi, seorang president team... orangnya menarik namun gaya hidupnya eksentrik, sangat boros dengan keuangan, bahkan akhirnya bermasalah dengan keuangan, beliau banyak membeli sesuatu dengan hutang, dan tidak dibayar, akhirnya toko-toko menagih ke Herbalife karena dipikir beliau karyawan herbalife...dan terus berulang kali terjadi seperti itu...hingga akhirnya Herbalife menutup ID nya, dibatalkan keanggotaannya....                       

Jadiii...bisnis ini sebenernya bukan tentang Upline, atau kerjasama upline donline, bisnis ini adalah tentang diri kita , bersyukurlah anda sudah di dalam bisnis ini "jika upline anda mau bekerjasama dengan anda anggaplah itu bonus" namun jika tidak bersyukurlah anda sudah didalamya, dan ini adalah tentang diri anda  sendiri dan masa depan anda.. (wkwkwkw.... menulis baris ini saya membayangkan banyak orang-orang lucu, Donline-Donline yang galau karena merasa tidak dibantu upline-upline, dan Upline-Upline yang galau karena tidak dihormati donline-donline...wkwkwkw.... sampeyan bisnis opo main drama siiih....hahaha)

Masuk pertama ke Herbalife itulah titik terendah dalam hidup saya... saya ikuti terus acara-acara herbalife, apa yang pembicara suruh lalukan saya lakukan.... kadang saya ikut acara-acara diluar kota, karena anggaran minim saya tidur menumpang dirumah teman, pernah tidur di bangku taman kota...dan tengah malah dibangunkan polisis dikira gelandangan...                       

Saya sampaikan kepada anda, dari 26 tahun berada di Herbalife, kesimpulan saya yang harus anda catat adalah, tidak ada sukses yang serta merta, tidak ada sukses yang Instan..!                       

Pada saatnya nanti Herbalife (Rumah Nutrisi / Nutrition Club) akna diterima oleh semua orang. Dan Orang yang tidak percaya dengan perjalanan waktu, bahwa Situasi dan Kondisi suatu saat nanti akan berubah, maka orang itu adalah orang yang melakukan PENOLAKAN.                       

Anda harus terus belajar dari siapapun, TERUTAMA seperti di forum-forum besar seperti ini, karena strategi bisnis dari tahun ke tahun terus berubah, segala sesuatu terus berbenah ke arah yang lebih baik lagi, dan jika anda tidak faham karena tidak mendatangi meeting seperti ini, maka anda akan menjadi orang yang tertinggal, yaaa...dunia terus menerus akan berubah dan anda akan menjadi orang yang tertinggal...

Semoga Tulisan ini Bermanfaat...


Tidak ada komentar: