BISA KARENA TERBIASA....

Kalau saya menakar kemampuan akademis saya sewaktu di SMP,SMA maupun ketika kuliah, saya yakin kemampuan saya berada di luar 20 besar, di tambah ekonomi saya yang paspasan membuat saya minderan dan kuper.

Alhamdulillah sampai suatu ketika saya sadar bahwa otak saya memang paspasan, dan saya harus menerimanya, dan saya harus berusaha lebih keras dibanding temen2 yang otaknya cerdas. Waktu belajar saya saya lipatkan 4 sampai 5 kali teman2 saya...

Oom Yoyok itu termasuk kategori orang cerdas, jarang belajar tapi nilainya bagus hehehe...... Saya inget bedanya Saya, Kakak saya di hadapan Mae. Kita keseringen belajar sampai dimarahi.... setiap hari belajar terus mbok bantu-bantu Mae ngepel, nyapu dan cuci baju...! hehee itu kata Mae.

Terhadap Oom yoyok berbeda, Mae malah heran....kamu mau test malah main gitaran..! gak pernah belajar, ayuk sana belajar, dan kata oom yoyok "Belajar apa yaaa.....lha wong enggak belajar saja nilainya sudah 100....." hahahah....Mae Mumet.......

Oom yoyok baca buku 1 kali langsung tahu isinya, maka saya membutuhkan pengulangan 5 atau 6 kali, dan itupun sebenernya saya nggak mudeng, dan hanya terpaksa hafal saja...


Kemana-mana saya bawa catatan kecil rumus2 matematika,kimia,fisika dan saya baca2 ketika naik bis, di warung bahkan di kamar mandi pun saya baca, menjelang tidur, ketika terbangun tengah malam..dan ketika bangun saya terbiasa dengan kertas yang berserakan karena sebelum tidur saya baca2 juga....sampai banyak temen saya yang mungkin sebel melihat saya...

Buku2 soal2 tanya jawab UMPTN dari berbagai sumber saya baca tapi sekaligus kunci jawabannya, karena memang saya nggak mudeng dan tidak bisa mengarang jawabannya, dan saya ulang2 terus menerus, hingga sampai saya kadang melihat bentuk soalnya saja kadang sudah hafal jawabannya...

Hasilnya saya dapat nilai 10 dari banyak bidang studi di Nilai Ebtanas saya, saya diterima di UMPTN dengan mudah lolos test ke banyak perusahaan dan akhirnya milih Astra...dan itu semua bukan karena saya cerdas tapi karena saya ngulang-ngulang-ngulang..teruuus menerus....kalau sekarang inget itu saja saya langsung lemes...capek....

Tapi bagaimana lagi, lha wong saya emang bisanya begitu...dan itu pulalah yang saya sekrang juga saya rajin terapkan, karena bawaan minder masih ada, saya mencoba untuk terus menerus sering ngobrol, mencoba sok akrab hahahihi dengan atasan2 saya....juga saya usahakan terus menerus sering menegur orang2 yang tidak saya kenal daripada berdiam diri di suatu forum...dan..tahukah anda..? ternyata efeknya rasanya nggak jauh dengan saya dahulu terus menerus ngulang2 membaca buku...

Sepertinya saya sudah sedikit mulai hafal harus untuk mengarahkan pembicaraaan kemana dengan atasan,dengan orang baru, hafal kapan ketika saya harus banyak diam mendengarkan orang lain...
Insya Allah saya akan terus-terus-terus..dan terus mengulang-ulang hal ini....

Kalau anda bagaimana..?Kalau anda termasuk smart selamat ya...anda seharusnya lebih melesat lagi..!

Salam Dahsyat
Hadi Kuntoro

Pendongeng dari Kaki Gunung Dieng

Tidak ada komentar: