CERITA TUKANG MANCING IKAN

Kami memiliki sedulur yang sangat hobi memancing. Memancing itu sudah dunianya, meskipun huja, meskipun panas, bahkan saat bulan puasa yang orang-orang kepengin banyak diem karena lemes dia tetep asyik menyambangi sumber-sumber ikan baik itu di kali-kali, bendungan atau kolam-kolam pemancingan....

Dia terkenal menjadi suhunya para pemancing.....dan ini yang membuat saya heran.
Saya sangat awam dengan dunia memancing, dulu hobi mancing itu tahun 80an semasa masih SD dan kemana-mana memancing ikan itu tahunya umpannya hanya cacing....cacing kalung, cacing gelang hehehe...hanya 2 jenis cacing itu saja yang saya tahu.... kalau ada jenis umpan yang lainnya yang saya tahu hanya Gethuk dicampur ikan asin itu saja...hehehe karena dulu saya pernah ikut teman yang mancing kok umpannya aneh.....

Dan dengan sedulur yang ahli mancing itulah saya baru paham....ternyata tidak setiap ikan di air tawar suka cacing....hahah..pantesan dulu kalau memancing ikan di kolam dapatnya nila-nila doang karena umpannya hanya cacing.... ikan-ikan gurameh yang besar....dan lele-lele yang besar kenapa enggak mau makan umpan saya yaaa........

Ternyata saya baru paham, ilmu sekarang untuk memancing ikan itu harus punya goal duluuu...kita mau memancing ikan apa, kita mau memancing dimana, sama-sama memancing ikan yang sama, antara di kolam dan di danau atau bendungan ternyata menu makanan yang buat umpan berbedaaa...hahaha....baru tahuuu.....

Untuk memancing lele di Waduk, kita bawa umpan namanya Galatama 5, bahan dan cara-caranya adalah :
Jangkrik 1 ons + Cuka grandong (attractant) + Essen. Bersihkan sungut dan kaki jangkrik lalu campurkan 60ml cuka dan 30 tetes essen, Aduk hingga merata, umpan siap digunakan

"Waaaksss...ternyata serumit itu memancing lele yaaa....." saya terperanjat kaget....

"Lha kalau ikanny gurameh, sepat apa ikan Bandung, Ikan Patin sama atau beda...??" Saya penasaran....

"Yaaa beda-beda....umpan ikan itu menyesuaikan suhu, kondisi cuaca, siang atau malam, itu berbeda-bedaaa..... kadangkala ada lomba mancing, dan ikan-ikannya ternyata sudah dikasih makan dan kenyang-kenayng, kita enggak sembarangan ngasih umpan, umpan yang sama jika ikannya kenyang mana mau dia mendekat..... seperti orang dari restoran kenyang...terus kita kasih ubi mau enggak..? yang enggak mau... tapi coba kasih es krim atau cemilan kacang...mungikin dia mau....hehehe" Olaaaah....bener juga batin saya......

"Jenis-jenis mpan ikan itu muacem-maceeeeem..... Campuran daging sapi, Campuran cacing sutra, Umpan Jangkrik dan Orong-orong, Katak Kecil, Usus Ayam, Kadal Rumput dan Cicak Bakar (🙉🙉🙉 kaciaaaannnn) bahkan untuk ikan tertentu umpannya justru ikan-ikan keciiil....." Walaaah...ternyata beda ikan beda umpan...beragam sekali..enggak cuman cacing

Hadewwwhh...ternyata semua ada ilmunya yaaa.... memancing ikan yang saya pikir tidak ada kecerdasan seperti manusia ternyata perlu seni....agar ikan mau mendekati kail terus makan umpan kita ternyata harus di sesuaikan situasi dan kondisinya......

Teman-temen, Banyak orang yang mengeluh, mengundang orang ke NC susah, atau sudah masuk ke NC giliran suruh program susah...closinge angeeel....hahaha.... jika satu cara mengundang atau satu cara closing belum berhasil...coba anda perbaiki lagi...atau anda cari cara lain....nampaknya semua sama, namun sebenernya manusia itu lebih beragam...

Masak memancing orang masuk NC hanya flyer saja...flyer saja..flyer saja.... itu seperti saya nungguin kolam ikan mancing...hanya caciiiiing saja tahunya yaa... wakakakaka.. belajar-praktek-evaluasi.... belajar-praktek-evaluasi.... belajar-praktek-evaluasi.... belajar-praktek-evaluasi.... terus saja kita lakukan lama-lama kita akan menjadi sangat di bisnis kitaa.....seperti sedulur saya begitu ahlinya..sampai di panggil suhu mancing ikan.....ayuk kita terus belajar...karena dengan belajar kita akan tahu cara-cara yang  lain...

"Eh sampeyan kan suhu mancing ikan...apakah setiap berangkat mancing pasti sukses...?" saya penasaran...

"Hehehe...tergantung kita memandang suksesnya darimana...kalau arti sukses itu  selalu membawa pulang ikan gede-gede kerumah, berarti saya sering gagal juga....hahaha... namun gagalnya sekarang enggak seperti jaman dulu....tapi sebenere ukuran sukses saya bukan ikan yang dibawa pulang....saya seneng memancingnya...sering saya dapat ikan malah saya kasih orang yang ketemu dijalan.....hahaha...." Whaat......dan lagi-lagi saya bingung....🙉🙉🙉😃😃😃.....


Semoga Temen-temen Terinspirasi dengan cerita ini.....

hadi kuntoro
mendongeng dari kaki gunung Dieng

Tidak ada komentar: